Kamis, 04 Februari 2010

Baby Sleeping habit

Beberapa hari ini, baby hilmi lagi agak gampang nangis nih...Especially kalo dia mau tidur, trus ga bisa tidur. Whoaa....yang repot ummi dan bapaknya deh.

Alhamdulillah, ada kesempatan untuk searching via google, trus dapet website yang bagus untuk menjawab kebingunganku.

1. http://johnsonsbaby.com/Sleep/default.html
2.http://www.youtube.com/watchv=TI7Bh0qkNP4&feature=SeriesPlayList&p=0E82F960171E0861
3.http://www.youtube.com/watchv=dW8wmNzDg_Q&feature=SeriesPlayList&p=0E82F960171E0861

Website yang paling atas ada layanan untuk meng-assess tidur bayi kita dan memberi masukan2 bagaimana cara menidurkan bayi yang baik. Ini bermanfaat banget bagi orang tua yang ingin tahu bagaimana pola tidur bayinya dibandingkan dengan bayi2 lain seusianya, apakah sudah cukup baik atau tidak melalui profiling baby sleep pattern. Quesioner ini disusun berdasarkan penelitian ahli bayi.

Kemudian website nomor 2 dan 3 merupakan presentasi dari seorang ahli dibidang tidur pada bayi. Website ini bagiku sangat bermanfaat untuk menambah pemahaman ttg bagaimana sebenarnya sleep patern pada bayi. Sehingga pada akhirnya aku bisa mengatur strategi bagaimana menidurkan dede hilmi dengan baik.

Oiya, sebenernya ada banyak sekali metode untuk menidurkan bayi. Paling tidak yang arin baca dari sumber2, ada dua metode yang cukup terkenal di US ini. Metode yang cukup laris manis buat orang US adalah metode Cry It Out. Intinya, bayi ditidurkan di crib (tempat tidur bayi) trus ditinggal sama orang tuanya dalam keadaan kamar gelap, dan terkondisikan untuk tidur. Biasanya bayi dalam keadaan belum tidur dan diposisikan sendirian di dalam kamar gelap dah pasti akan nangis dong ya..Nah tu bayi dibiarkan menangis sampai akhirnya ia tertidur sendiri.
Bayi tsb di training untuk tidur sendiri selama beberapa hari. Yang mulanya menangis selama 1 jam, hingga berkurang jadi 30 menit, lalu berkurang lagi jadi 15 menit, trus jadi 10 menit, hingga akhirnya bisa tidur sendiri tanpa menangis.

Kemudian metode yang lebih gentle, yaitu metode no tears method. Dari artinya saja kita sudah cukup memahami bahwa melalui metode ini, bayi tidak disuruh menangis hingga kecapean lalu tidur dengan sendirinya.
Dari website johnson baby ada tips yang cukup bagus untuk metode ini, yaitu :
a. Mandikan bayi di malam hari menjelang tidur
b. Meri pijatan rileks untuk baby
c. Lakukan aktivitas ringan, seperti membaca buku, menyanyi lullaby, atau membaca
quran misalnya =)

lalu ketika bayi sudah mulai lelah dan mengantuk, siapkan environment, dengan mematikan lampu, perdengarkan lagu yang lembut, jangan lupa sebelumnya bayi sebisa mungkin sudah dalam keadaan kenyang.
Nah, segera letakan bayi di tempat tidurnya (Crib), insyaAllah bayi akan tidur dengan pulas.

Nah...arin sendiri tidak setuju dengan metod Cry it out. It's too much for me. Seeing my sweetheart cry out loud like that, and I did nothing. Big no no.
At first, my hubby keep telling me about this method, since some of his friends successfully make their baby slept in this way. But I kept objected with that method.
And finally brought me to my long searching. Alhamdulillah I got this babycenter.com and educate myself. See that educating ourselves(mom) is really an important aspect in the family.

These are some of the link to the articles that I read.
1.http://www.babycenter.com/0_baby-sleep-training-the-basics_1505715.bc?page=4
2.http://www.babycenter.com/0_baby-sleep-training-no-tears-methods_1497581.bc?page=2
3.http://www.babycenter.com/0_establishing-a-bedtime-routine-with-your-baby_1507759.bc?page=1
4.http://www.babycenter.com/0_how-i-got-my-baby-to-sleep-through-the-night-two-families-te_1495436.bc?page=1

Alhamdulillah dede hilmi sudah semakin mudah untuk tidur. Buktinya nih umminya bisa nulis blog malem2, hehe...biasanya mana mungkin ^__^

Ternyata keep the routine to baby is an important point. Sekarang baby hilmi dibiasakan untuk tidur around 9 to 9.30.
And biasanya bangun untuk nursing sekitar jam 4 an..Ya lumayan kan...bisa tidur through the night.
Baby happy, mommy and daddy are happy as well !!

ALhamdulillah..Praise is only to Allah aza wajalla.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar